08 Oct 2021

Suka duka jadi pemilik bisnis

Punya bisnis sendiri merupakan hal yang sangat didambakan oleh sebagian orang, mengingat dari segi kebebasan waktu maupun pendapatan yang bisa didapatkan jauh lebih banyak dan menguntungkan dibanding menjadi seorang karyawan yang bekerja selama kurang lebih 8 jam setiap hari, mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari, namun penghasilannya hanya sebatas gaji UMR (kadang lebih sedikit).

Namun, tahukah Anda dibalik segala kenikmatan menjadi seorang pengusaha ada banyak sekali suka duka yang juga dirasakan sebagai pemilik bisnis. Apa sajakah itu? Yuk simak selengkapnya.


1. Menciptakan Sistem Terbaik

Setiap pengusaha pasti ingin bisnisnya bisa berjalan lancar tanpa harus terus menerus terjun langsung di lapangan (Auto Pilot). Namun, untuk bisa mencapai tahapan ini, seorang pengusaha mesti mampu menciptakan sebuah sistem yang baik agar mudah dalam mengatur dan mengontrolnya. Hal ini juga mesti didukung oleh kinerja para staff dibawahnya agar selalu bekerja secara maksimal dalam menjalankan proses bisnis. Dan tentunya ini menjadi tantangan tersendiri bagi pengusaha untuk memecahkan masalah tersebut.

2. Selalu dibayangi Resiko

Untuk menjadi seorang pengusaha dibutuhkan mental yang kuat, karena akan selalu dibayangi berbagai macam resiko. Contohnya dari segi pendapatan, omset dan profit yang diterima kadang cenderung tidak stabil, kadang banyak, kadang cukup, kadang pula sedikit. Maka dibutuhkan banyak pertimbangan yang bisa membawa perusahaan ke jalan yang lebih baik, karena jika salah dalam mengambil keputusan, maka tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan perusahaan bankrut, dll.

3. Memiliki tanggung jawab yang besar

Seorang pemilik bisnis memiliki tanggung jawab yang besar atas perusahaan yang ia bangun beserta seluruh karyawan yang ada didalamnya. Semua strategi wajib dipikirkan agar bisa menjalankan bisnis jadi lebih berkembang dan mampu membayar gaji yang pantas kepada karyawannya, mengingat waktu dan usia yang rela mereka tukarkan untuk mengabdi kepada perusahaan Anda. Demikian juga ketika ada permasalahan dalam perusahaan, seorang pengusaha harus berani menjadi orang pertama yang maju untuk menghadapinya.


Sebenarnya masih ada banyak sekali suka duka yang dimiliki oleh seorang pemilik bisnis, namun yang @InsightGroupID bahas cukup 3 saja yah kali ini.Jika Anda seorang pemilik bisnis, boleh silakan menambahkan apa saja suka duka yang Anda rasakan di komentar 🙂

Dan bagi Anda seorang pengusaha yang ingin memiliki sebuah sistem yang lebih baik di perusahaan Anda agar bisa berkembang dan Auto Pilot, bisa menggunakan jasa consulting kami untuk memecahkan masalah Anda, seperti pembuatan SOP, KPI, dll. Nah caranya bagaimana?

Silakan menghubungi kami di 0822-6007-0003.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *