13 Oct 2021

5 Jenis Politik Kantor Yang sering terjadi

Politik Kantor, merupakan suatu hal yang tidak bisa kita hindari dan sering terjadi didalam perusahaan demi untuk mendapatkan kekuasaan agar bisa mengendalikan orang ataupun sumber daya sehingga rela melakukan sesuatu apapun sesuai keinginannya.
 
Lalu apa saja jenis politik kantor yang sering terjadi?
Simak ulasan berikut:

1. Penyanjung

Setiap orang suka mendapat pujian, namun terkadang kita sulit membedakan mana pujian yang tulus dan mana yang pura-pura.

2. Penggosip

Tidak semua orang dalam perusahaan bisa dipercaya untuk diajak bercerita, khususnya menyangkut hal pribadi. Salah teman cerita bisa jadi rahasia Anda tersebar.

3. Pelobi

Orang ini memiliki keteguhan yang kuat dalam mempertahankan opini untuk kepentingannya, meskipun sering tidak menghargai pendapat orang lain.

4. Penyabot

Mendapatkan penghargaan merupakan keinginan semua orang. Namun tidak semua mau bertanggung jawab atas kesalahannya sendiri.

5. Penasehat

Merupakan orang kepercayaan karena seringnya dimintai bantuan oleh pemimpin perusahaan. Tak heran saran dan nasehatnya lebih sering didengarkan.

Politik kantor sebenarnya tidak selamanya negatif, karena meliputi dua hal penting, yaitu pengaruh dan hubungan yang mampu menghasilkan sebuah kekuatan, namun bisa menguntungkan ataupun sebaliknya. Tergantung dari cara Anda melakukannya serta prinsip yang Anda anut.

Apakah Insightful People pernah mengalaminya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *