26 Jan 2023

The Avengers – High Performance Team Collaboration

Masih ingat dengan film The Avengers : End Game dari Marvel Studios?  Beberapa waktu lalu kita dibuat terpesona oleh kehadiran film kumpulan superhero Marvel Comics ini. Selain karena aksi-aksinya yang keren, juga karena setiap karakter memiliki keunikan masing-masing. 

Pada film tersebut semua karakter Marvel, Iron Man, Captain America, Thor, Hulk, dkk., bekerja sebagai sebuah tim dan berkolaborasi untuk tujuan yang sama, yaitu mengalahkan Thanos. Dengan beragam karakter dan latar belakang tokohnya yang berbeda, film ini banyak memberikan pelajaran bagi kita dalam sebuah organisasi. Keberhasilan Avengers dalam mengalahkan musuh-musuhnya bisa terwujud karena didukung kerja sama tim yang baik. 

Pelajaran apa saja tentang tim yang bisa kita ambil dari Avengers?

1. Setiap orang punya talenta

Seperti halnya setiap superhero di The Avengers, masing masing dari tim kita memiliki kekuatan dan spesialisasi tersendiri. Setiap orang adalah superhero dengan kelebihan masing-masing. Semua orang bisa menjadi pahlawan dengan talenta atau kemampuan yang ia miliki. Apapun posisi atau pekerjaannya, setiap individu memiliki peran dalam mencapai goals tim. Maka bersyukurlah jika Anda memiliki tim dengan talenta yang beragam. Sebab perbedaan adalah sebuah kekayaan dan kekuatan untuk berhasil. 

 2. Memiliki tujuan yang sama akan mempermudah pekerjaan

Para Avenger memiliki tujuan yang sama ketika menjalankan tugasnya. Masing-masing punya masalah dan urusan pribadi, akan tetapi hal tersebut tidak menghalangi setiap individu melaksanakan tugasnya. Tujuan mereka adalah mengalahkan Thanos, musuh bersama.

Namun dalam prosesnya, setiap orang punya support system. Ada buddy yang saling mendukung mereka berproses mengatasi masalah pribadi masing-masing. Bahkan dalam situasi ekstrim, justru seorang leader perlu mengambil peran untuk memberikan dukungan kepada anggota timnya agar mereka tetap bisa berfungsi dan menjalankan perannya bagi tim.

Hal ini penting untuk dipertimbangkan ketika memutuskan untuk bekerja sama dengan orang lain. Setiap orang bisa saja punya masalah dan tujuan masing-masing. Tetapi perlu dipastikan bahwa setiap orang siap memprioritaskan tujuan bersama terlebih dulu. Dan perlu dipastikan bahwa tujuan bersama yang berhasil terwujud akan mendukung pencapaian impian masing-masing pribadi di dalam tim.

3. Saling membantu sesulit apapun

Avenger  tidak ragu membantu anggota mereka yang kesulitan. Baik di dalam peperangan, maupun ketika ada masalah pribadi, mereka akan selalu saling menguatkan. Tidak ada orang yang tanpa masalah. Bahkan superhero sekalipun punya masalah dengan keluarganya atau dengan dirinya sendiri. 

Saat sedang bertarung dengan musuh yang sangat kuat, superhero sekali pun tidak selalu menang. Sebagai tim, setiap superhero di The Avengers saling membantu ketika ada yang terpojok oleh musuh. Mereka saling melindungi, saling menjaga agar tak ada yang terluka, lumpuh, atau bahkan mati. Setiap orang punya jiwa yang rela berkorban.

Hal ini tentu bisa diterapkan dalam tim Anda. Masing-masing individu punya tugas sesuai keahlian masing-masing. Namun, tidak tertutup kemungkinan mereka punya kendala ketika mengerjakan tugas. Di saat-saat seperti ini tidak ada salahnya membantu rekan yang membutuhkan. Proyek tim pun akan selesai sesuai target.

4. Komunikasi adalah kunci

Para Avenger selalu berkomunikasi di setiap kesempatan. Bahkan, ketika sedang berperang pun mereka memasang alat khusus untuk bisa berkomunikasi dengan baik.

Komunikasi bisa dilakukan tidak hanya secara formal, tetapi juga non formal. Komunikasi di waktu-waktu santai sering kali bahkan memberikan hasil yang lebih efektif. Kerja sama tim yang efektif membutuhkan komunikasi yang baik di antara semua anggota tim. Komunikasi terbuka akan memudahkan koordinasi dan menghindari kesalahpahaman dalam menilai, mencari akar masalah, dan menyelesaikan masalah.

5. Respect dan saling menghargai

Jika Anda memiliki tim yang terdiri dari orang-orang hebat, maka secara otomatis tim kita akan hebat pula. Benarkah demikian?

Masih ingatkah Anda di edisi awal, ketika para Superhero Avengers pertama kali dikumpulkan dan mereka malah saling serang satu sama lain? 

Ketika kita merekrut orang-orang yang memiliki skill individu yang hebat ke dalam sebuah tim, seringkali setiap orang memiliki kecenderungan ingin terlihat lebih menonjol dibanding yang lainnya. Hal ini tak dapat dihindari. Dibutuhkan waktu dan usaha untuk bisa membuat mereka dapat membaur satu sama lain dan melunturkan ego masing-masing. 

Kesadaran untuk menunjukkan respek dan saling menghargai satu sama lain adalah kunci awal untuk melunturkan ego dan membangun hubungan yang cair satu sama lain.

Itulah hal-hal yang bisa kita pelajari dari para pahlawan terkuat yang menjaga Bumi. Untuk membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja maka hal ini dapat Anda terapkan untuk mencapai tujuan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *