17 Jun 2019

Profesionalisme Dalam Dunia Kerja

Dear Professionals, Bagaimana kabarnya hari ini?

Kali ini Coach Ochy akan bercerita sedikit tentang pengalamannya mengenai profesionalisme dalam dunia kerja.

Coach Ochy pernah memecat seorang karyawan, teman, bahkan sahabatnya, yang karena kesalahannya dia kemudian melakukan sebuah hal yang merugikan perusahaan sangat berat.

Disitu Coach Ochy mengalami dilema yang sangat luar biasa karena dia sendiri adalah temannya dan dia harus memecat yang bersangkutan.

Sebelumnya, perasaannya itu sungguh gak enak luar biasa karena Coach Ochy harus memecat dia dan dia harus meninggalkannya, tapi pada saat itu atasan Coach Ochy mengingatkan satu hal kepadanya yang akhirnya membuatnya sadar bahwa harus bersikap professional.

Atasannya mengatakan seperti ini “Just do what you do, nothing personal” ketika dia bicara seperti itu, Coach Ochy langsung sadar bahwa dia telah terbawa ke personal, sementara professional itu betul2 objektif melihat apa yang harus dikerjakan dan memang apa yang menjadi tuntutan pekerjaannya.

Ketika atasan saya ngomong seperti itu motivasi dalam diri saya kemudian saya perbaiki, saya rapikan, dan saya berhadapan dengan yang bersangkutan bersikap secara professional mengerjakan apa yang menjadi tanggung jawab saya sebagai HRD Manager pada saat itu, dan saya sampaikan secara objektif apa yang betul2 menjadi kesalahannya dan saya berikanlah apa yang menjadi keputusan dari perusahaan kepada yang bersangkutan.

Tanpa disangka, yang bersangkutan ujung-ujungnya terima keputusan itu dengan baik. Mungkin karena Coach Ochy juga sudah memiliki mindset yang positif ketika berhadapan dengan dia, dan Coach Ochy melakukannya betul-betul karena memang itu adalah tuntutan pekerjaan dan tuntutan perusahaan, bukan karena sesuatu yang personal. Jadi professional itu in simply say he adalah do what you have to do nothing personal.

Sekian sharing tentang profesionalisme dalam dunia kerja dari Insight Indonesia, semoga topik ini bisa bermanfaat bagi anda. Silahkan berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru kami, yang pastinya menarik untuk anda baca. Dan jangan lupa untuk share artikel ini untuk saling berbagi manfaat kepada orang disekitar anda. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *