01 Jul 2019

Tips Menghadapi Kritikan

Dear Professionals, Bagaimana kabarnya hari ini?

Kali ini Insight akan membagi sedikit tips tentang cara menghadapi kritikan, tapi sebelumnya kami ingin tahu bagaimana sih rasanya kalau kita di kritik oleh orang lain? Bawaannya kan selalu pengen emosi yah? Pengen membalas orang yang mengkritik kita!

Coach Ochy dulu pernah diingatkan oleh ayahnya, beliau mengatakan “Kalau kita dikasih masukan sama orang lain, itu ibaratnya seperti kita dikasih sebuah makanan oleh orang tersebut. Kalau makanannya itu mungkin rasanya pahit, jangan langsung dimuntahkan tapi coba dikunyah-kunyah dulu,… setelah dikunyah-kunyah, mungkin rasanya menjadi lebih enak dan kalaupun tidak enak, biasanya yang pahit itu akan jadi obat”.

Kalimat itu mengingatkan Coach Ochy bahwa ketika kita diberi kritik oleh orang lain, bisa saja ada 50% hal yang benar dari kritikan tersebut. Kalau kita tiba-tiba menerima kritikan dan kemudian langsung dilawan, kita tidak akan pernah menjadi lebih baik sesudah itu.

Kritikan itu sebaiknya kita terima saja menjadi masukan yang baik untuk diri kita, untuk proses perbaikan kita kedepannya. Kritikan itu juga jangan langsung kita defensif menghadapinya. Tapi kita coba untuk menelaah dan mengintrospeksi diri apa yang menjadi kekurangan kita yang membuat kita akhirnya mendapat kritikan dari orang lain.

Seperti ibarat kata ayah Coach Ochy tadi, kritikan itu anda anggap saja sebagai obat karena dia akan membuat anda menjadi lebih baik!

Sekian tips tentang cara menghadapi kritikan dari Insight Indonesia, semoga topik ini bisa bermanfaat bagi anda. Silahkan berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru kami, yang pastinya menarik untuk anda baca. Dan jangan lupa untuk share artikel ini untuk saling berbagi manfaat kepada orang disekitar anda. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *